Pengaruh E-Servicescape terhadap Trust dan Dampaknya pada Repurchase Intention
STUDI KASUS GO-FOOD
Abstract
Penyedia jasa transportasi online menciptakan aplikasi dengan berbagai fitur demi kenyamanan konsumen. Setiap aplikasi memiliki ciri khas tampilan yang merupakan lingkungan tempat konsumen melakukan transaksi, selanjutnya disebut e-servicescape dalam penelitian ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari dimensi e-servicescape terhadap kepercayaan dan minat konsumen melakukan pemesanan ulang suatu jasa. Objek penelitian adalah layanan pesan antar makanan pada aplikasi mobile yang bernama GO-FOOD. Sampel penelitian ini adalah 400 responden yang pernah melakukan pembelian produk melalui GO-FOOD di wilayah Jabodetabek yang didapat dengan teknik penarikan sampel purposive sampling.
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada tiga dimensi berdasarkan kerangka e-servicescape, yaitu: aesthetic appeal, layout and functionality, dan financial security. Variabel ini diuji untuk mengidentifikasi apakah variabel tersebut mempengaruhi variabel kepercayaan konsumen (trust) yang mengarah pada variabel minat melakukan pembelian ulang (repurchase intention). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Covariance Based Structural Equation Modelling (CB-SEM).
Seluruh hipotesis terbukti positif dan didukung dalam penelitian ini. E-servicescape secara signifikan berpengaruh positif terhadap Trust dan selanjutnya secara signifikan berpengaruh positif terhadap repurchase intention. Hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi pengembang aplikasi mobile serta bagi penelitian lebih lanjut di bidang yang sama.
Downloads
Copyright (c) 2018 Jurnal Sistem Informasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).