IMPLEMENTASI EDUCATIONAL DATA MINING UNTUK IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK)
Abstract
Kurikulum berbasis kompetensi (KBK) mengubah paradigma dalam mengajar, di antaranya adalah bagaimana mengukur kemampuan siswa yang outputnya adalah kompeten atau tidak kompeten. Hasil pengukuran suatu kompentensi akan berpengaruh untuk kompetensi selanjutnya. Disvarietas siswa dalam suatu kelas, menyebabkan cara dan langkah pencapaian kompetensi untuk setiap siswa berbeda. Namun, dalam suatu rencana perkuliahan hanya ada satu rencana pelaksanaan, yaitu yang tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Perkuliahan (RPP). Educational Data Mining (EDM) dengan memanfaatkan clustering, digunakan untuk memetakan kelompok siswa dalam kelas. Hasil penge-lompokan ini digunakan untuk menyusun rencana pelaksanaan perkuliahan yang lebih komperhensif untuk pencapaian kompetensi.
Downloads
Copyright (c) 2016 Jurnal Sistem Informasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).