Penerapan Algoritma K-Means Clustering Analysis Pada Penyakit Menular Manusia (Studi Kasus Kabupaten Majalengka)

  • ADE BASTIAN MAJALENGKA UNIVERSITY
Keywords: Algoritma, K-Means, Clustering, Penyakit Menular Manusia, Puskesmas

Abstract

Kesehatan merupakan hal yang berharga bagi manusia karena siapa saja dapat mengalami gangguan kesehatan, begitu  pula  pada manusia yang sangat  rentan  terhadap  berbagai  macam  penyakit namun penyebabnya tidak kita sadari. Algoritma  K-Means  tidak  terpengaruh  terhadap  urutan  objek yang digunakan, hal ini dibuktikan ketika penulis mencoba menentukan secara acak titik awal pusat cluster  dari  salah  satu  objek  pada  permulaan  perhitungan.  Jumlah  keanggotaan  cluster  yang dihasilkan  berjumlah  sama  ketika  menggunakan  objek  yang  lain  sebagai  titik  awal  pusat  cluster tersebut. Namun, hal ini hanya berpengaruh pada jumlah iterasi yang dilakukan. Pengelompokan  objek  (objek  clustering) adalah salah satu proses dari  objek  mining yang bertujuan untuk mempartisi objek  yang ada kedalam satu atau lebih  cluster  objek  berdasarkan karakteristiknya.

Penelitian  ini  mengkaji bagaimana  penggunaan  Algoritma  K-Means Cluster  Analysis  dalam studi kasus penyakit menular manusia pada  suatu  objek. Penelitian ini mengkaji metode K-Means Cluster  Analysis dalam penyakit menular pada manusia berdasarkan set variabel  yang dibentuk per kecamatan tiap puskesmas yang jumlahnya ada 32 Kantor Puskesmas di Kabupaten Majalengka.

Published
2018-04-30
How to Cite
BASTIAN, A. (2018). Penerapan Algoritma K-Means Clustering Analysis Pada Penyakit Menular Manusia (Studi Kasus Kabupaten Majalengka). Jurnal Sistem Informasi, 14(1), 28-34. Retrieved from http://jsi.cs.ui.ac.id/index.php/jsi/article/view/566