PENERAPAN RESPONSIVE WEB DESIGN DALAM PERANCANGAN SISTEM MODUL ONLINE ADAPTIF

Arief Hidayat, Victor Gayuh Utomo, Henry Anggoro Djohan

Abstract


Dewasa ini akses sebuah aplikasi web dapat melalui smartphone maupun tablet, sehingga terdapat tuntutan aplikasi web yang biasanya diakses melalui komputer, tetap responsif terhadap ukuran layar smartphone maupun tablet. Teknik tersebut dinamakan responsive web design, sebuah teknik yang digunakan desainer website untuk memberikan pengalaman visual yang elegan tanpa mempedulikan ukuran browser yang digunakan dan batasan apapun tentang cara mengakses perangkat tersebut. Berbagai sistem berbasis web lambat laun mulai menerapkan responsive web design termasuk sistem pembelajaran. Sebuah sistem pembelajaran rata-rata didesain sama untuk semua siswa yang mengikutinya. Hal ini tentu saja oleh siswa dirasa tidak cukup untuk memahami materi yang tersedia di sistem pembelajaran, mengingat gaya belajar setiap siswa berlainan. Sistem modul online adaptif diharapkan mampu menyediakan sumber pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa. Sistem tersebut juga mampu mengakomodir lingkungan pembelajaran sesuai dengan gaya belajar siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah sistem modul online adaptif yang dapat mengakomodir pembelajaran sesuai dengan gaya belajar siswa dan dapat diakses dimanapun, kapanpun, dan menggunakan perangkat genggam apapun sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi pada bidang pendidikan sekaligus personalisasi gaya belajar siswa.


Keywords


responsive web design, modul online, adaptif

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21609/jsi.v12i1.435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Sistem Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © Jurnal Sistem Informasi. Faculty of Computer Science Universitas Indonesia.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Number of visitor: 

View JSI Stats