PENERAPAN IT BALANCED SCORECARD DAN COMPETENCY GAP INDEX DALAM TATA KELOLA IT: STUDI KASUS PT. CAPELLA MEDAN

  • Hoga Saragih
  • Waisen .
  • Bobby Reza
Keywords: Tata Kelola TI, IT Blueprint, Kerangka kerja CobIT 4.1, IT Balanced Scorecard, Indeks Gap Kompetensi.

Abstract

Dalam memasuki persaingan penjualan mobil dan pelayanan purna jualnya, perusahaan berusaha memanfaatkan TI sebagai alat untuk dapat memenangkan persaingan tersebut. Agar TI dapat dimanfaatkan secara maksimal dan mendukung sistem yang ada di perusahaan, dibutuhkan penilaian kinerja dari TI secara berkala. Salah satu metode untuk melakukan penilaian terhadap kinerja departemen TI adalah dengan memanfaatkan IT Balanced Scorecard sebagai tolak ukur efisiensi dalam pemanfaatan TI saat ini dan menggunakan COBIT 4.1 pada 4 (empat) domain yaitu: perencanaan dan pengorganisasian atau PO (Planning and Organization), pengadaan dan implementasi atau AI (Acquisition and Implementation), Pengantaran dan Dukungan (Delivery and Support) serta Pengawasan dan Evaluasi (Monitor and Evaluate) sebagai alat ukurnya. Dari kedua cara tersebut, peneliti mencoba untuk membuat IT Blueprint sebagai hasil akhir dari pemanfaaatan TI diperusahaan, sehingga pihak management dapat merencanakan bagaimana perkembangan TI diperusahaan untuk beberapa tahun mendatang.
Published
2013-11-28
How to Cite
Saragih, H., ., W., & Reza, B. (2013). PENERAPAN IT BALANCED SCORECARD DAN COMPETENCY GAP INDEX DALAM TATA KELOLA IT: STUDI KASUS PT. CAPELLA MEDAN. Jurnal Sistem Informasi, 9(1), 45-57. https://doi.org/https://doi.org/10.21609/jsi.v9i1.346