PENERAPAN IT BALANCED SCORECARD DAN COMPETENCY GAP INDEX DALAM TATA KELOLA IT: STUDI KASUS PT. CAPELLA MEDAN

Hoga Saragih, Waisen ., Bobby Reza

Abstract


Dalam memasuki persaingan penjualan mobil dan pelayanan purna jualnya, perusahaan berusaha memanfaatkan TI sebagai alat untuk dapat memenangkan persaingan tersebut. Agar TI dapat dimanfaatkan secara maksimal dan mendukung sistem yang ada di perusahaan, dibutuhkan penilaian kinerja dari TI secara berkala. Salah satu metode untuk melakukan penilaian terhadap kinerja departemen TI adalah dengan memanfaatkan IT Balanced Scorecard sebagai tolak ukur efisiensi dalam pemanfaatan TI saat ini dan menggunakan COBIT 4.1 pada 4 (empat) domain yaitu: perencanaan dan pengorganisasian atau PO (Planning and Organization), pengadaan dan implementasi atau AI (Acquisition and Implementation), Pengantaran dan Dukungan (Delivery and Support) serta Pengawasan dan Evaluasi (Monitor and Evaluate) sebagai alat ukurnya. Dari kedua cara tersebut, peneliti mencoba untuk membuat IT Blueprint sebagai hasil akhir dari pemanfaaatan TI diperusahaan, sehingga pihak management dapat merencanakan bagaimana perkembangan TI diperusahaan untuk beberapa tahun mendatang.

Keywords


Tata Kelola TI, IT Blueprint, Kerangka kerja CobIT 4.1, IT Balanced Scorecard, Indeks Gap Kompetensi.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21609/jsi.v9i1.346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Copyright © Jurnal Sistem Informasi. Faculty of Computer Science Universitas Indonesia.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Number of visitor: 

View JSI Stats