SUPPLY CHAIN MANAGEMENT BERBASIS LAYANAN: DESAIN DAN IMPLEMENTASI PROTOTIPE SISTEM

Muhammad Hafizhuddin Hilman, Farisya Setiadi, Ika Sarika, Jarot Budiasto, Rakhmat Alfian

Abstract


Supply Chain Management (SCM) adalah sebuah konsep pengaturan aliran proses perdagangan yang menghubungkan antara produsen, supplier, dan konsumen secara langsung. Dengan berevolusinya konsep perangkat lunak dan sistem informasi menuju era berbasis layanan, pengembangan SCM berbasis layanan menjadi sangat relevan. Studi kasus kebutuhan akan SCM berbasis layanan pada pengelola pusat perbelanjaan di Jakarta menjadi fokus pembahasan. Pada makalah ini dibahas sebuah model pengembangan sistem SCM berbasis layanan yang menghubungkan tiga stakeholder yang berperan dalam proses perdagangan pada pusat perbelanjaan modern.

Keywords


SCM; prototyping; tenant; perdagangan;

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21609/jsi.v8i2.330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Copyright © Jurnal Sistem Informasi. Faculty of Computer Science Universitas Indonesia.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Number of visitor: 

View JSI Stats